Menghapus dan Menambahkan Operating System dengan EasyBCD

Postingan saya kali ini akan membahas cara untuk menghapus operating system dari daftar boot dan juga cara menambahkan operating system ke dalam daftar boot menggunakan bantuan software EasyBCD. Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk menghapus atau menambah operating system bisa kita lakukan dengan mengedit file boot.ini. Tetapi cara itu hanya dapat dilakukan pada operating system dari dual boot Windows XP. Apabila dilakukan pada operating system dari dual boot Windows XP dan Windows Vista atau Windows XP dan Windows 7 tidak akan bisa, karena boot manager pada dual boot Vista dan XP akan diletakkan pada partisi Windows Vista yang secara otomatis menimpa boot manager Windows XP. Selain itu, pada Windows Vista maupun Windows 7 tidak ada lagi file boot.ini seperti pada Windows XP.


Software EasyBCD memiliki fitur yang beragam untuk melakukan konfigurasi boot, mulai dari merubah default operating system, Bootloader timeout, menghapus salah satu OS dari daftar boot, manjemen bootloader, melakukan diagnosis, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Dan penggunaannya pun sangat mudah bagi orang yang baru memakainya sekalipun. Untuk dowload software EasyBCD klik di sini.

Nah, untuk memulai menjalankan EasyBCD berikut ini langkah-langkahnya.

1. Jalankan EasyBCD, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. 

2. Lalu klik tombol "Add/Remove Entries" yang berada pada menu EasyBCD Toolbox di sebelah kiri.


3. Pada tampilan di sebelah kanan menu akan terlihat operating system yang ada di komputer.

Dari menu itulah nantinya kita bisa menghapus atau menambah operating system ke daftar boot Anda. Pada menu Add/Remove Entries tersedia 2 tool yaitu Manage Existing Entries yang berfungsi untuk menghapus operating system dan merubah urutan operating system dari daftar boot dan Add an Entry yang berfungsi untuk menambahkan operating system ke dalam daftar boot. Langkah-langkah penggunaan kedua tool tersebut dapat dilihat di bawah ini.

Menghapus operating system dari daftar boot

1. Masuk pada menu Manage Existing Entries, maka akan terlihat operating system yang ada.
2. Pilih operating system yang ingin dihapus, lalu klik tombol Delete.


3. Penghapusan selesai, restart dan lihat hasilnya. Seharusnya operating system yang telah dihapus sudah hilang.


Menambahkan operating system ke daftar boot

Pada contoh kali ini digunakan operating system Linux.

1. Masuk lagi pada menu Manage Existing Entries, pilih pada menu Add an Entry.

2. Untuk menambahkan operating system Linux (Ubuntu), klik pada tab Linux. Kita juga bisa menambahkan operating system lain selain Linux, tinggal mengklik masing-masing tab sesuai dengan jenis operating system yang ingin ditambahkan.

3. Pada tab Linux ini, pilih Grub pada input Type. Kemudian berikan nama pada OS tersebut agar gampang dikenali melalui input Name. Misalnya Ubuntu 9.10.

4. Pada pilihan Drive, pilih partisi yang sudah terinstall dengan Ubuntu. Sebagai contoh disini digunakan Partition 2 (Linux Native 14GB).

5. Klik tombol Add Entry, maka kita akan melihat Ubuntu telah berada pada daftar Manage Existing Entries.


Restart kembali komputer dan coba untuk memilih operating system yang telah ditambahkan tadi pada saat boot. Jika berhasil masuk artinya proses berjalan dengan baik. Tetapi jika gagal masuk, periksa kembali partisi yang dipilih mungkin keliru. Mungkin itu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.

Comments :

1
ahmil said...
on 

mantep nih ilmunya,,langsung diterapkan,,,
makasih Om' hihii

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berbau SARA dan porno. Komentar yang tidak sopan dan sifatnya hanya spam akan saya hapus. Terima kasih.

 

Pengikut

Statistik Blog

Google bot last visit powered by Gbotvisit.com
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!