7 Widget Penting yang Wajib ada dalam Blog

Kali ini saya akan memposting sedikit informasi yang mungkin berguna bagi sahabat blogger. Postingan ini berguna untuk memaksimalkan blog yang kita miliki. Hal ini berkaitan dengan widget blog yang wajib ada dalam blog, tapi ini menurut pendapat saya (dengan kata lain yaitu versi sendiri). Dalam blog tentunya ada banyak sekali widget yang terpasang, tapi apakah widget tersebut benar-benar berguna bagi blog atau justru merusak blog tersebut. Setidaknya ada 7 widget yang menurut saya wajib alias harus ada dalam suatu blog.


Berikut ini merupakan ketujuh widget tersebut.

1.  Link Navigasi Horizontal
Menu yang biasanya berada dibawah maupun diatas header ini sangat penting dan bermanfaat, karena kebanyakan pengunjung pasti pertama kali mengarah ke menu ini untuk mencari informasi dalam blog.


2. Arsip Blog
Kegunaan dari widget ini yaitu mengelompokkan postingan berdasarkan kurun waktu tertentu. Dengan adanya widget ini pengunjung bisa mengetahui postingan dari waktu ke waktu, atau dengan kata lain mengetahui masa posting dari artikel dalam blog tersebut.

3. Artikel Terbaru
Widget ini menunjukkan beberapa artikel terbaru yang ada dalam suatu blog. Ini sangat bermanfaat bagi pengunjung untuk mengetahui artikel terbaru dalam blog dan berguna juga untuk menambah pageviews karena memperbanyak navigasi ke postingan lainnya.

4. Komentar Terbaru
Dengan adanya widget ini dapat diketahui adanya komentar baru yang masuk, sehingga bagi pemilik blog sangat berguna sekali. Pemilik blog langsung bisa menanggapi komentar tersebut tanpa harus mencari letak komentar baru terlebih dahulu.

5. Artikel Terkait 
Widget yang satu ini sangat berguna sekali, karena dengan widget ini pengunjung lebih mudah melihat artikel lain yang terkait yang memiliki tema yang sama. Pengunjung pun pasti merasa tertarik untuk membaca artikel yang lain dengan adanya wiget ini hanya dengan satu klik, dibanding harus mencari dengan cara lain.

6. Social Bookmark
Widget social bookmark dibuat agar artikel dalam blog anda bisa langsung disubmit ke beberapa direktori oleh pengunjung. Dengan begitu blog anda tentunya akan mendapat traffic yang lebih banyak dan page rank Google pun semakin baik.

7. Statistik
Widget statistik menampilkan informasi tentang peringkat blog anda diberbagai hal mulai dari Page Rank Google, Yahoo, Alexa, MSN, dan laini-lain. Bisa juga ditampilkan statistik pengunjung yang telah mengunjungi blog tersebut.

Itulah ketujuh widget yang menurut saya harus ada dalam suatu blog agar blog tersebut lebih berkualitas, tapi mungkin dari sobat blogger semua ada yang berkenan memberi tambahan dengan senang hati saya persilakan.

Comments :

4 komentar to “7 Widget Penting yang Wajib ada dalam Blog”
Lawlietspirit said...
on 

waah, infonya bermanfaat banget.. :D
akan saya coba satu per satu,. He

http://lawlietspirit.blogspot.com

Alat Tulis said...
on 

widgetnya cuma 7 doank?ada lagi ga yang harus dipasang lagi?

bloognyaagooes said...
on 

Perlu banget ni artikel untuk pemula seperti saya, terima kasih

mr-ip said...
on 

sama2 mas, terima kasih atas kunjungannya, saya jg pemula koq..

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berbau SARA dan porno. Komentar yang tidak sopan dan sifatnya hanya spam akan saya hapus. Terima kasih.

 

Pengikut

Statistik Blog

Google bot last visit powered by Gbotvisit.com
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!