Read Out Loud : Membacakan Dokumen di Acrobat Reader

Kalau biasanya kita punya dokumen di komputer yang berformat *.pdf tentu saja kita harus membacanya untuk mengetahui isinya. Itu sih sudah jelas dan banyak yang tahu. Tapi bukan itu yang akan saya bahas. Kemarin dapat artikel yang menarik dari satu majalah komputer dan saya rasa bermanfaat bagi saya sendiri dan sobat blogger semua. Isinya menerangkan tentang fitur unik dan mungkin belum banyak yang mengetahui. Fitur dari Acrobat Reader ini mampu membacakan isi dokumen dengan suara, jadi bukan sekedar menampilkan tulisan saja. Read Out Loud, begitulah sebutan fitur dari Acrobat Reader ini.

Fitur yang diberi nama Read Out Loud ini memiliki dua pilihan, yaitu Read This page Only yang berfungsi untuk membacakan dokumen pada halaman yang aktif saja. Sedangkan yang satunya adalah Read To End Of Document, yang akan membacakan semua isi dari file tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini ada beberapa langkah yang dilakukan, yaitu :

1. Buka dokumen PDF Anda, lalu tekan “Ctrl + K” dan halaman “preferences” akan muncul.
2. Klik pada “Reading” dan lakukan pengaturan pada halaman tersebut. Atau bila menggunakan cara panjangnya, klik “Edit > Preferences > Reading.
3. “Volume”, berfungsi untuk mengatur besar kecilnya suara yang dihasilkan. Dengan menghilangkan tanda checklist pada “use default voice”, Anda dapat memilih satu di antara 3 karakter suara yang akan membaca dokumen PDF Anda.
4. Dengan menghilangkan tanda checklist pada “Use default speech attributes” Anda dapat menentukan tinggi rendahnya nada suara melalui kolom “pitch”. Semakin tinggi angkanya, maka nada suara semakin tinggi. Sedangkan pengaturan pada “words per minute” akan menentukan kecepatan membaca. Semakin tinggi angkanya, maka dokumen akan dibaca dengan lebih cepat.
5. Bila sudah selesai dalam tahap pengaturan, klik “OK”.
6. Untuk mengaktifkannya, klik “View > Read Out Loud” > “Activate Read Out Loud” atau dengan menekan “Shift + Ctrl + Y”.
7. Untuk membaca hanya satu halaman, klik “View > Read Out Loud > Read This page Only” atau dengan menekan “Shift + Ctrl + V”.
8. Untuk membaca keseluruhan dokumen, klik “View > Read Out Loud > Read To End of Document” atau dengan menekan “Shift + Ctrl + B”.

Nah, menarik bukan. Jadi kita tidak perlu membaca isi dokumen tapi cukup mendengarkan saja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments :

1
Tsar41_Galuh said...
on 

gan, punya ane karakter suaranya cuman satu yaitu microsoft sam. gimana cara ganti atau nambahnya?

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berbau SARA dan porno. Komentar yang tidak sopan dan sifatnya hanya spam akan saya hapus. Terima kasih.

 

Pengikut

Statistik Blog

Google bot last visit powered by Gbotvisit.com
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!