Restart di Windows Lebih Cepat

Berikut ini akan saya berikan sedikit tips agar restart di windows menjadi lebih cepat berkaitan dengan virtual memory. Virtual Memory (swap file / page file) adalah memori tambahan yang digunakan jika RAM yang terdapat dalam komputer tidak mencukupi untuk melakukan proses di komputer tersebut. Dan yang berfungsi sebagai virtual memory adalah ruang hard disk yang masih kosong. Sehingga sering ditemui pada komputer ukuran virtual memory disetting dengan ukuran 2 kali lipat dari RAM fisik yang ada dalam komputer tersebut.

Tetapi dengan besarnya ukuran virtual memory tersebut dapat berakibat pada kecepatan shutdown atau restart Windows. Semakin besar ukuran virtual memory, maka akan semakin lama Windows untuk melakukan restart atau shutdown.
Langkah - langkah berikut ini bisa anda lakukan untuk mempercepat restart atau shutdown dengan memperkecil virtual memory.

1. Klik pada menu “Start”, lalu buka menu "Run".
2. Ketikkan “secpol.msc” di menu Run. Lihat kolom kiri, lalu pilih “Security Settings > Local Policies > Security Options > Shutdown : Clear virtual memory pagefile”. Set value-nya menjadi “Disabled”.

Dan bagi anda yang sudah memiliki RAM yang berukuran besar, bisa mencoba langkah - langkah di bawah ini untuk menyetting agar Windows berjalan tanpa virtual memory.

1. Klik kanan “My Computer > Properties”. Pilih “Advanced”.
2. Klik “Settings” pada bagian Performance. Pada window “Performance Options”, klik tab “Advanced”.
3. Di bagian “Virtual memory”, klik “Change”. Di situ Anda dapat melihat lokasi dimana XP menaruh Virtual Memory.
4. Untuk men-disable penggunaan Virtual Memory, pilih
lokasi dimana XP menaruh Virtual Memory (pagefile.sys), lalu klik “No Paging File”, dilanjutkan dengan mengklik “Set”. Setelah itu, reboot komputer Anda.

Tetapi itu semua tergantung anda, apakah mau menggunakan virtual memory atau tidak. Yang jelas
virtual memory digunakan dengan melihat kapasitas RAM dan hardisk di komputer anda. Semoga tips ini bermanfaat !

Comments :

0 komentar to “Restart di Windows Lebih Cepat”

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berbau SARA dan porno. Komentar yang tidak sopan dan sifatnya hanya spam akan saya hapus. Terima kasih.

 

Pengikut

Statistik Blog

Google bot last visit powered by Gbotvisit.com
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!