Mengetahui Lama Pemakaian Komputer dengan Command Prompt

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting satu cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengetahui lama pemakaian komputer menggunakan fasilitas Windows yaitu Command Prompt. Memang kadang kala kalau kita sedang di hadapan komputer entah itu mengerjakan tugas, main game, ataupun berinternet ria selalu lupa akan waktu. Hal ini tentunya akan mempengaruhi komputer yang dipakai. Karena komputer sekalipun memerlukan waktu istirahat agar bisa menjalankan tugas yang diperintahkan dan komputerpun menjadi lebih awet. Jika digunakan terus menerus tanpa istirahat komputer akan mengalami overheat dan lama kelamaan akan menjadi rusak. Tips yang akan saya tulis disini menggunakan fasilitas systeminfo yang dijalankan dari Command Prompt.

Lama pemakaian komputer yang dihitung dari systeminfo ini berdasarkan proses booting hingga kita melakukan pengecekan menggunakan cara ini. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Jalankan Command Prompt dengan cara mengetikkan cmd pada menu Run, sehingga akan tampil jendela Command Prompt, seperti pada gambar di bawah ini.



2. Pada command prompt tersebut, ketikkan perintah systeminfo lalu tekan ENTER, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.



3. Tunggu beberapa detik lalu akan tampil berbagai informasi tentang komputer salah satunya adalah informasi tentang lamanya pemakaian komputer. Sebagai contoh dalam gambar di bawah ini bahwa pemakain kompter adalah 1 jam 17 menit 35detik (lihat yang dilingkari merah).



Mungkin itu sedikit tips sederhana yang bisa saya sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Comments :

0 komentar to “Mengetahui Lama Pemakaian Komputer dengan Command Prompt”

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan, tidak berbau SARA dan porno. Komentar yang tidak sopan dan sifatnya hanya spam akan saya hapus. Terima kasih.

 

Pengikut

Statistik Blog

Google bot last visit powered by Gbotvisit.com
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!